Cara Merawat Rambut Rontok dan Kering Secara Alami

Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami - Rambut rontok memang sangat meresahkan bagi yang memiliki masalah dengan rambut rontok dan kering. Rambut rontok dan kering bisa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain, makanan, alat-alat rambut, obat-obatan, dan juga kehamilan. Cara yang paling tepat untuk mencegah rambut rontok agar tidak bertambah parah yakni merawatnya.  dan cara merawat rambut rontok yang paling baik adalah dengan cara alami.

Bagaimana merawat rambut rontok secara alami?

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat rambut rontok dan kering agar kembali sehat.beberapa cara perawatan rambut kadang membutuhkan biaya yang cukup mahal, tapi dengan perawatan rambut secara alami selain kita menghemat biaya hasil yang didapat akan lebih baik. Berikut tips merawat rambur rontok secara alami :

Cara Merawat Rambut Rontok dengan Bahan Alami


Dibawah ini akan dijelaskan beberapa tips dan cara merawat rambut rontok secara alami dengan bahan alami tentunya:

Cara Merawat Rambut Rontok dan Kering dengan Perbanyak Minum Air Putih

Air sangat penting bagi setiap bagian tubuh pada manusia, sangat berguna untuk melancarkan peredaran darah danjuga berpengaruh untuk merawat rambut rontok dan kering

Cara Merawat Rambut Rontok dan Kering dengan Daun Lidah Buaya

Kandungan daun ini cukup banyak, antara lain senyawa golongan flavonoida dan unsur vitamin yang diperlukan bagi pertumbuhan rambut dan sangat cocok untuk dipakai untuk merawat rambut rontok dan kering

Cara Merawat Rambut dengan Merang dan Jeruk Nipis

Agar dalam perawatn rambut rontok menghasilkan hasil yang maksimal dan berkilau, maka kitabisa menggunakan jeruk nipis untuk digunakan.

Cara penggunaan : Siapkan 1 ikat merang padi. Taruh ke dalam panci atau bejana dari tanah liat, dan bakarlah hingga semua menjadi abu. Setelah itu tuangkan air bersih ke dalam wadah tersebut dan berilah air perasan jeruk nipis (1 buah). Aduk hingga rata, kemudian embunkan di udara terbuka selama 1 malam. Selanjutnya, ambil air bersih yang terdapat di permukaannya, lalu gunakan untuk keramas. Lakukan 3 kali seminggu. Maka rambut akan nampak sehat, indah dan hitam berkilau.


Cara Merawat Rambut Rontok dan Kering dengan Daun Urang-aring

Urang-aring dapat merawat rambut rontok dan kering karena mengandung unsur-unsur flavonoida, yang penting bagi pertumbuhan rambut yang lebat, sehat dan kuat.

Cara menggunakannya : Setelah dicuci bersih, potong kecil-kecil daun urang-aring dan remas sampai hancur, campurkan dengan minyak kelapa yang sudah dihangatkan terlebih dahulu, dan siap dioleskan pada kulit kepala. Diamkan paling lama 1 jam sampai semalam, sebelum dicuci bersih.

Hal yang Harus Dilakukan dalam Merawat Rambut Rontok dan Kering:


Beberapa hal yang harus dilakukan dalam masa perawatan rambut rontok dan kering agar hasil semakin maksimal adalah :

Merawat Rambut Rontok dan Kering dengan menggunakan shampoo yang sesuai dengan jenis rambut

Gunakan shampoo yang sesuai dengan kriteria atau jenis rambut, kemudian setelah berkeramas aplikasikan rambut dengan menggunakan kondisioner atau pelembab rambut. Gunakan kondisioner atau pelembab rambut mulai dari bagian tengah hingga ujung rambut, jangan mengenai kulit rambut. Tujuan menggunakan kondisioner atau pelembab rambut untuk menjaga agar rambut tidak kering dan tidak mudah rapuh serta membantu memberi nutrisi tambahan pada kulit kepala.


Merawat Rambut Rontok harus Keramas dengan teratur dan Jangan Sering Keramas

Keramas dengan teratur umumnya hanya dapat membuat tampilan rambut menjadi indah, wangi, dan halus. Namun keramas yang dilakukan setiap hari dapat membuat rambut lebih mudah rontok dan rapuh. Untuk itu disarankan berkeramas 2 hari sekali atau disesuaikan dengan kebutuhan, terutama ketika anda selepas berolahraga biarkan keringat hilang sejenak kemudian berkeramaslah dengan bersih.

Kelenjar minyak atau produksi minyak di kulit kepala setiap orangnya pasti berbeda-beda. Ada sebagian orang yang memiliki kadar minyak tinggi di kulit kepala sehingga memungkinkannya untuk keramas setiap hari, adapula yang memiliki kadar minyak di kulit kepala dengan ukuran normal disarankan untuk tidak keramas setiap hari, cukup 2 hari sekali. Agar rambut tidak mudah rapuh, kusam, kering dan mudah rontok.

Merawat Rambut Rontok harus Penuhi makanan yang banyak mengandung nutrisi

Nutrisi yang seimbang dan cukup mampu membantu mempertahankan folikel rambut dan akar rambut agar tidak mudah rapuh serta membantu menciptakan rambut baru yang sehat. Nutrisi ini mudah didapat dari bayam dan sayuran hijau lainnya, kacang merah, sereal gandum, yogurt dll.


Merawat Rambut Rontok dan Kering harus Sisir rambut dengan baik dan benar

Menyisir rambut merupakan cara sederhana yang sering dilakukan setiap hari dalam kehidupan kita. Namun adapula yang menyisir rambut dengan cara yang salah. Menyisir rambut dalam keadaan rambut masih basah dan menggunakan sisir bergigi rapat. Cobalah menyisir dengan sisir bergigi jarang agar rambut tidak mudah rontok dan rapuh serta jangan menyisir dalam keadaan rambut masih basah, rambut yang masih basah cenderung lebih mudah patah dibanding rambut dalam keadaan kering.

Merawat Rambut Rontok dan Kering Hindari berkeramas dengan air panas

Berkeramas dengan menggunakan air panas hanya akan membuat rambut menjadi tersiksa dan membuat rambut menjadi rusak, berkeramas dan bilaslah rambut dengan air biasa agar akar rambut tidak tersiksa dan kehilangan nutrisi.

Jangan menggaruk kulit kepala saat keramas maupun saat terasa gatal dikulit kepala

Ketika berkeramas terkadang tanpa disadari kita menggaruk kulit kepala secara berlebihan kemudian setelahnya timbul rasa sakit dan perih dikulit kepala. Hal ini akan membuat kulit kepala mengalami iritasi, mengurangi kelembapan alami rambut yang dihasilkan oleh kulit kepala.


Menrawat Rambut Rontok Jangan mengikat rambut saat tidur

Umumya wanita yang memiliki rambut yang cukup panjang, sering kali mengikat rambut saat tidur, sebenarnya hal ini merupakan cara yang salah dan hanya akan menyiksa rambut sehingga akar rambut tidak dapat bernapas dengan baik. Bebaskan rambut anda ketika tidur dan jangan mengikat rambut terlalu kencang serta hindari mengikat rambut saat berkeringat. Hilangkan dahulu keringat di kepala, setelah agak kering rambut boleh di ikat. Hal ini bertujuan untuk menghindari rambut agar tidak bau.